Jalan Berbayar di Jakarta Mulai Diuji Coba Juli

Jalan di Singapura memakai sistem ERP
Sumber :

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera menerapkan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP), pada Juli mendatang. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan ERP diterapkan di Ibu Kota menggunakan teknologi on board unit (OBU) dari Swedia.

"Nama teknologinya OBU atau on board unit, ini nanti kalau ditempel di mobil ada sinyal yang ditangkap dari mereka. Ini buatan Swedia," kata Ahok, sapaan Basuki di Balai Kota Jakarta, Kamis, 24 April 2014. Teknologi dari Swedia dipilih karena negara itu memimpin dan memelopori ERP di dunia. Alat itu akan dipasang pada bulan Juni.

Untuk sementara, anggaran uji coba ERP akan menggunakan dana perusahaan Swedia tersebut. Kata Ahok, jika hasil uji coba berhasil dan menunjukkan progres yang baik, maka seterusnya ERP akan dijalankan oleh swasta yang terdiri dari beberapa perusahaan yang tergabung dalam konsorsium.

"Nanti kalau bagus yang akan melaksanakan konsorsium dari beberapa perusahaan lokal, tapi teknologinya tetap kami beri teknologi yang dari luar," ujar dia.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Rencananya, ERP kali pertama diterapkan di kawasan Sudirman-Thamrin yang dimulai dari Ratu Plaza hingga Sarinah.

Jalan berbayar sudah lebih dulu diterapkan di Singapura dan Hong Kong. Dengan sistem ini, mobil-mobil akan dipasangi sebuah alat detektor. Pada jam-jam tertentu pengemudi diharuskan membayar bila ingin melewati jalan yang menerapkan ERP.

Sistem pembayaran diatur secara otomatis oleh alat yang dipasang di mobil. ERP diharapkan bisa menarik pengguna mobil pribadi beralih naik kendaraan umum, salah satunya TransJakarta.

Dalam desain ERP, ada tiga area yang akan menjadi sasaran penerapan sistem tersebut:
Area I, Blok M - Stasiun Kota, Jalan Gatot Subroto (Kuningan-Senayan), Jalan Rasuna Said - Tendean, Tendean - Blok M serta Jalan Asia Afrika - Pejompongan.

Area II, Dukuh Atas - Manggarai - Matraman - Gunung Sahari serta Jatinegara - Kampung Melayu - Casablanca - Jalan Satrio - Tanah Abang.

Area III, Grogol - Roxi - Harmoni, Tomang - Harmoni - Pasar Baru, Cempaka Putih - Senen - Gambir, Cawang - Pluit - Tanjung Priok, Cawang - Tanjung Priok, Sunter - Kemayoran. (one)

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024