Pemotongan Bangkai Lion Air Mulai Dilakukan

Evakuasi pesawat Lion Air di Bali
Sumber :
  • ANTARA/.HO-BASARNAS
VIVAnews - General Manager Angkasa Pura I Ngurah Rai, Purwanto, mengatakan saat ini evakuasi bangkai pesawat Lion Air sudah mulai dilakukan. 
Perintah Kepala BNN ke Anak Buah saat Kerja Cegah dan Berantas Narkoba

"Pemotongan sedang dilakukan oleh tim penyelam Angkatan Laut. Kondisi air laut siang ini pasang sehingga pemotongan bisa dilakukan," kata Purwanto, Senin 15 April 2013.
Equestrian All Star Tour 2024 Segera Digelar, Ajang Pengembangan Atlet Berkuda Indonesia

Saat ini, kata dia,tim fokus pada pengangkatan ekor pesawat, tempat rekaman percakapan pilot atau voice cockpit record (VCR) yang menjadi bagian penting kotak hitam berada. "Ekor pesawat akan kami rusak dengan cara dilubangi untuk mengambil CVR," jelas dia.
Kata Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Selanjutnya, sore nanti, saat air laut surut, evakuasi bangkai pesawat Lion Air akan dilakukan dengan mengangkat bodi pesawat. "Kami akan coba dengan crane untuk mengangkat ekor pesawat dulu. Lalu kami lanjutkan dengan mengangkat bodi pesawat yang dipotong menjadi tiga bagian," ungkap Purwanto. 

Bodi pesawat yang dipotong tiga bagian itu selanjutnya akan diangkat dengan crane, kalau gagal akan digunakan balon milik Angkatan Laut.

Proses evakuasi bodi pesawat akan dilakukan malam hari, ketika lalu lintas penerbangan longgar. "Jika tetap tidak mungkin, kami rencanakan menutup runway. Kita perkirakan waktu evakuasi body pesawat baru selesai dalam 2-3 hari," kata dia.

Dua opsi evakuasi

Komandan Lapangan Udara Ngurah Rai, Letnan Kolonel PNB Atang Sudrajat, menjelaskan dua opsi evakuasi bangkai pesawat Lion Air yang masih teronggok di dekat landasan pacu Bandara Ngurah Rai, Bali.

Opsi pertama adalah bangkai kapal dievakuasi melalui jalur darat. Bangkai pesawat nahas itu akan dipotong-potong terlebih dahulu, lalu dibawa ke pinggir pantai, sebelum akhirnya diangkut dengan alat lainnya.

Kendati begitu, opsi ini bukan tanpa kendala. "Kesulitan opsi ini kita harus menunggu saat traffic sepi yakni, pukul 01.30-03.30 WITA. Artinya, petugas evakuasi harus bekerja dini hari, dan ini akan mendapatkan banyak kesulitan," ujar dia.

Opsi kedua adalah menggunakan kapal derek untuk menarik bangkai pesawat itu ke pesisir pantai. Kapal TNI Angkatan Laut Surabaya sedang dalam perjalanan menuju Bali. "Kapal pengapung akan mengangkat bangkai pesawat dan diarahkan ke darat," tutur Atang.

Setelah bangkai pesawat terangkat, maka kapal akan mendereknya ke arah selatan untuk menjauhkannya dari lokasi. "Lokasi jatuhnya pesawat tempat ke luar masuknya pesawat, karena lokasi pesawat tepat di depan run way," katanya.

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya