Bom Poso Akan Diledakkan Pukul 07.30 WIT

Paket diduga Bom Buku di Jelambar
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kapolda Sulawesi Tengah Brigadir Jenderal Dewa Parsana, mengungkapkan bom rakitan yang ditemukan di Pos Pengamanan Operasi Lilin, Jalan Pulau Sumatera, Poso, Sulawesi Tengah, Selasa pagi, 25 Desember 2012, sudah diatur siap meledak. Beruntung, bom itu ditemukan dan berhasil dijinakkan sebelum waktu ledak yang sudah diatur.

"Dari hasil disposal tim Jihandak Gegana Brimob Polda Sulteng, bom aktif tersebut akan diledakkan pukul 07.30 WITA," kata Dewa Parsana.

Bom yang tersimpan di dalam tas berwarna hitam tersebut ditemukan oleh anggota polisi yang akan tugas pagi. Sekitar 1,5 jam sebelum pukul 07.30 WITA, sebagaimana waktu yang diatur pada bom itu. "Pos pengamanan itu jadwalnya dijaga dari jam 06.00 pagi sampai malam sekitar pukul 21.00 WITA," tambah Dewa Parsana.

Ditemukan pukul 06.00, bom itu langsung dilaporkan ke tim Jihandak Gegana Brimob Polda Sulteng. Tim gegana langsung sigap. Mereka tiba di TKP pukul 06.30 WITA dan langsung melakukan sterilisasi lokasi. Bom kemudian berhasil dijinakkan sekitar pukul 07.15 WITA dan langsung diurai.

Setelah diurai, seketahui bom aktif dirangkai dalam jerigen 5 liter yang berisikan bubuk urea nitrat, ratusan paku berukuran 13 cm, dua detonator dan timer peledak. Usai di urai, seluruh benda mencurigakan itu kemudian diamankan ke Mapolres poso. Motif peletakan bom tersebut diduga untuk mengacaukan situasi dengan sasaran anggota polisi. (umi)

Gibran Ingin Bertemu Semua Lawan Politiknya, Ganjar Bilang Selalu "Open House"
Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut .

Wakil Bupati Sindir Bupati Manggarai yang Pecat Ratusan Nakes

Wakil Bupati Heribertus Ngabut akhirnya buka suara soal pemecatan nakes maupun tentang kewenangan dia sebagai Wakil Bupati yang terkadang seperti ban serep.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024