Polisi Papua Tembak Seorang Anggota Kelompok Sipil Bersenjata

Anggota Kepolisian Daerah Papua saat tugas patroli beberapa waktu silam. (foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA/Spedy Paereng

VIVAnews - Satu orang yang diduga dari kelompok bersenjata yang menghadang rombongan Kapolda Papua Inspektur Jenderal Tito Carnavian, Rabu kemarin, berhasil dilumpuhkan Kamis sore 29 November 2012.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Wakapolda Papua, Brigadir Jenderal Paulus Waterpauw, mengatakan penghadangan dan aksi baku tembak selama satu jam terjadi di Kampung Indawa, Distrik Makki, Kabupaten Lanny Jaya.

"Satu orang dari kelompok sipil bersenjata ditembak saat baku tembak itu," ujarnya. Belum diketahui kondisi lelaki yang ditembak, namun dia sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

Wow, Siswa SMP Negeri 255 Jakarta Masuk Nominasi Terbaik Kompetisi Menulis Surat untuk Presiden

Kelompok sipil bersenjata itu, kata Paulus, diperkirakan berjumlah 40 orang. Mereka beberapa kali teridentifikasi merampok di Kabupaten Lanny Jaya.  "Sudah bisa identifikasi, mereka kelompok yang dipimpin RM. Kelompok ini memiliki 10 pucuk senjata dari rampasan petugas keamanan selama ini," katanya.

Ditambahkan Paulus, kondisi Lanny Jaya sudah kondusif setelah petugas memukul mundur kelompok bersenjata itu ke dalam hutan. Rombongan Kapolda saat ini sudah dalam perjalanan kembali menuju Jayapura.

Terkait tiga personel olisi yang meninggal dalam aksi penyerangan, Paulus mengatakan mereka akan mendapatkan perhatian. "Kapolri sudah memutuskan mereka naik pangkat luar biasa," katanya.

Polisi belum mau memastikan apakah pelaku penyerangan dari gerombolan separatis. Namun dapat dipastikan, mereka adalah kelompok sipil bersenjata yang selalu mengacau.  "Kami sebut mereka sipil bersenjata, kalau memang terkait separatis itu bisa saja," katanya.

Polsek Pirime yang berada di Kabupaten Lanny Jaya diserang kelompok bersenjata pada Selasa, 27 November 2012 kemarin. Tiga anggota polisi termasuk kapolsek, meninggal karena tertembak. Pelaku juga membakar tubuh polisi itu bersama dengan kantor Polsek. Tiga senjata api milik anggota juga dirampas.

Astra gelar Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024.

Astra Gelar SATU Indonesia Awards 2024, Ini Syarat Jadi Peserta

Ada lima bidang kegiatan yang dinilai dalam program SATU Indonesia Awards.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024